Sunday, January 14, 2018

Review One Piece Chapter 891: Believing In Me


Credit : One Piece Fans Club Indonesia

Dear nakama 
.
Berdasarkan terjemahan Mangastream, chapter 891 ini berjudul, “Believing In Me” sebuah gagasan yang ditampilkan pada halaman 15 di chapter ini—jika cover story dianggap sebagai halaman 1. Mungkin terdengar klise bahwa akan muncul hal-hal luar biasa ketika kau berjuang untuk temanmu, tapi aku yakin mereka yang sering dipercayai sesuatu akan menyetujui hal ini. Kau akan berjuang habis-habisan ketika temanmu atau orang yang berharga bagimu memercayakan sesuatu kepadamu. Dan bukan rahasia lagi jika keajaiban akan diberikan sebagai hadiah kepada mereka yang berjuang habis-habisan.
.
Nakama, chapter kali ini berisi begitu banyak informasi. Kita akan membahasnya satu persatu secara mendetail. Check it out!
.
===== Cover Story =====
.
Kita kembali ke petualangan Leo, sang Divisi Kelima Bajak Laut Topi Jerami. Ini adalah volume kedua bagi Leo dan merupakan volume ke 23-dalam coverstory edisi ke-23 ini.
.
Pada cover story sebelumnya (ch. 889) kelompok bajak laut ini menyelesaikan kostum bajak laut mereka. Kali ini adalah aksi pertama mereka sebagai bajak laut, membangun kembali setiap bangunan yang rusak di Dressrosa. Terlihat Leo, Falpper, Bomba, Chao, Bian, dan para tontata lainnya bekerja keras membantu pembangunan. Ada Komandan Tank juga di sana yang tampak akrab dengan Flapper. Kehancuran Dressrosa oleh amukan Pica dan Birdcagenya Doflamingo ternyata masih belum teratasi.
.
Menurut hematku, timeline berlangsungnya cerita pada masing-masing divisi SHP berjalan secara serentak. Kita ambil kisah divisi kedua sebagai patokan. Bartolomeo dan Luffy berangkat di hari ketiga setelah pertarungan antara Luffy dan Doflamingo. Pembangunan Dressrosa tentunya dimulai sehari setelah pertarungan. Bartolomeo tiba di Zou seminggu sejak Going Luffy Senpai berangkat dari Dressrosa. Lalu kita asumsikan perjalanan random Barto Club hingga tiba di pulau kekuasaan Shanks berlangsung selama seminggu. Jika timeline di coverstory ini serentak dengan tibanya Bartolomeo di pulau kekuasaan Shanks, maka pembangunan di Dressrosa sudah berlangsung selama: 1 minggu + 1 minggu + 2 hari (NB: 2 hari sebelum keberangkatan Bartolomeo pembangunan ulang Dressrosa sudah dimulai). Sudah 16 hari rakyat Dressrosa membangun kembali negeri mereka.
.
Wajar jika pembangunan ini memakan waktu yang cukup lama, mengingat luasnya Dressrosa dan bentuk bangunannya yang begitu artistik.
.
===== Kasus Robohnya Kastil Besar WCI =====
.
Stussy membuka percakapan, “Mau dengar sesuatu yang menarik?”
.
“Oi, sudahlah. Kesempatan mereka untuk bertahan hidup akan bertambah sulit nantinya,” potong Morgans.
.
“Apa itu, Nona Stussy?” tanya Baron Tamago.
.
“Tamatebako itu kalian dapatkan dari Si Topi Jerami, bukan? Ledakan besar itu disebabkan olehnya.”
.
Fakta bahwa Tamatebako adalah penyebab dari kerusakan besar di WCI tentu akan berbuntut panjang. Dampak terpendek, kekacauan yang dilakukan Luffy di Totland dianggap sebagai tindakan yang terstruktur dan terencana—padahal aslinya tidak. Kemarahan Big Mom Pirates kepada SHP akan semakin besar nantinya. Dampak terjauhnya, Fishman Island akan terlibat dalam pengusutan kasus kekacauan Tea Party di WCI. Aku tidak akan heran jika nantinya BMP menyerang Fishman Island diawali dari pengusutan kasus ini, mengingat Tamatebako adalah harta karun legendaris dari Fishman Island.
.
===== Charlotte Bersaudara =====
.
Adalah hal yang wajar jika keluarga yang terdiri atas 85 anak mengadakan Kontes Saudara terfavorit. Dari kontes tersebut muncul lah Katakuri sebagai Saudara Terfavorit. 38 adik perempuannya memilihnya sebagai kakak terfavorit, begitupun dengan ke-44 adik laki-lakinya. Dari pihak cewek, ada Charlotte Flambe sebagai adik perempuan terfavorit. Ia dipilih 40 dari 41 kakak laki-lakinya sebagai adik perempuan terfavorit. Kata Flambe menurutku berasal dari salah satu teknik memasak dari Prancis. Teknik memasak dengan menuangkan alkohol ke wajan penggorengan makanan. Kemampuan Flambe yang bisa melayang dan menghasilkan gelembung udara mungkin didasari dari pemilihan namanya, Flambe.
.
Di box perkenalan tertulis keterangan bahwa Flambe adalah putri ke-33 Big Mom. Ia berumur 15 tahun saat ini. Kita tahu Charlotte Pudding, adalah putri ke-35 Big Mom, artinya umur maksimal Pudding saat ini adalah 15 tahun. Usia yang sangat muda untuk menikah. Tahan dulu soal ini, omong-omong soal umur dan urutan anak perempuan BM, aku jadi ingin menganalisis beberapa data soal anak BM di SBS vol 85, 86, dan 87.
.
Pertama, mari kita urutkan anak perempuan Big Mom yang sudah diperkenalkan urutan kelahirannya.
.
1.Compote
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8. Brulee
9.
10.
11.
12.
13.
14. Smoothie
15.
16.
17.
18. Gallate
19.
20.
21. Praline
22. Chiffon (kembar 2 dengan Lola)
23. Lola
24.
25.
26.
27.
28.
29. Joscarpone
30.
31.
32.
33. Flambe
34.
35. Pudding
36.
37.
38.
39.
.
Jika kalian tahu urutan lainnya, silakan isi nomor-nomor yang kosong di komentar, tentu saja dengan melampirkan sumber chapter atau sbs. Ada beberapa anak perempuan yang sudah diperkenalkan, tapi tidak disebutkan urutan kelahirannya, seperti Amande dan Anana. Untuk Amande, karena Brulee memanggilnya kakak, maka kemungkinannya ia anak perempuan ke-2 sampai ke-7. Untuk Anana, kemungkinan ia anak perempuan ke 36-39.
.
Di SBS vol 85 disebutkan bahwa Big Mom saat ini berumur 68 tahun. Ia melahirkan anak dalam kurun 42 tahun. Di SBS vol 87 disebutkan bahwa Katakuri berumur 48 tahun. Lalu di chapter ini, Flambe bilang bahwa 38 adik perempuan Katakuri memilihnya sebagai Onii-chan favorit. Artinya, ada 1 saudara perempuan Katakuri yang bukan merupakan adiknya, yaitu Compote. Kita asumsikan perbedaan umur antara Katakuri dengan Compote dan Compote dengan Perospero masing-masing 1 tahun, maka Compote berumur 49 tahun dan Perospero berumur 50 tahun. 50 - 42 = 8 tahun, maka anak BM yang paling kecil harusnya saat ini berumur 8 tahun.
.
Di SBS vol 85 juga disebutkan catatan tertinggi kelahiran anak kembar BM adalah kembar 10, saat ini mereka sudah berumur 18 tahun. Tidak disebutkan bagaimana komposisinya, bisa kesepuluhnya laki-laki, bisa kesepuluhnya perempuan, bisa 5 laki-laki 5 perempuan, bisa 7 laki-laki 3 perempuan, dan lain-lain, intinya kombinasi kembar 10 itu banyak. Karena Mascarpone (putra ke-34) dan Jascarpone (putri ke-29) adalah kembar 2 (sbs vol 86), maka urutan putri ke-29 dan putra ke-34 tidak mungkin masuk dalam kombinasi 10 kembar ini.
.
Aku menebak 10 kembar ini adalah kombinasi dari 3 orang anak perempuan ditambah 7 orang anak laki-laki. Jika diurutkan, mereka adalah putri ke-30 sampai dengan putri ke-32 ditambah 7 kembar laki-laki lainnya di bawah Mascorpone (putra ke-34 BM). Jadi kemungkinan mereka adalah putra ke-35 sampai putra ke-41 BM. Mereka semua berusia 18 tahun saat ini. Mereka adalah kakak dari Flambe dan Pudding.
.
===== Usia Menikah Mempelai Wanita =====
.
Flambe sang putri ke-33 saat ini berumur 15 tahun. Ada kemungkinan bahwa umur Pudding (putri ke-35) adalah 15 tahun juga jika ia merupakan saudara kembar Flambe. Sebentar, Pudding adalah manusia ras mata 3, apakah mungkin ia dan Flambe kembar? Jawabannya mungkin! Di SBS vol 87 disebutkan bahwa Katakuri, Daifuku dan Oven adalah kembar 3. Kita tahu, Katakuri dengan gigi-gigi tajamnya (yang selalu ia sembunyikan) memiliki bentuk gigi dan rahang yang berbeda dibandingkan Daifuku dan Oven, ini mengindikasikan bahwa mereka bertiga berasal dari ras yang berbeda. Artinya, Pudding dan Flambe mungkin-mungkin saja merupakan saudara kembar, terlebih bentuk wajah, alis, pupil, hidung, bibir, dan tinggi badannya juga tidak jauh berbeda. Pun kalau mereka bukan merupakan saudara kembar, Pudding mungkin saat ini berumur 14 tahun.
.
Balik lagi soal umur pernikahan yang sedikit kusinggung di atas, usia 14-15 tahun sebenarnya usia yang cukup wajar untuk menikah di era one piece saat itu. Jika kita membenturkannya dengan standar menikah di zaman ini, tentu usia tersebut sangatlah muda. Berikut adalah sejarah pernikahan dini di berbagai belahan dunia yang kuringkas dari sebuah thread di Kaskus dengan akun taht4ternod4:
.
Di Yunani kuno, para gadis menikah pada usia rata-rata 14-15 tahun. Di Romawi kuno (sekita tahun 530 M), usia legal seorang perempuan menikah pada umur 12 tahun, dan laki-laki 14 tahun. Di Mesir Kuno, seorang gadis menikah pada umur 12-13 tahun, dan laki-laki pada umur 14 tahun. Dinasti Han di China menetapkan usia legal menikah ketika berumur 15 tahun, Dinasti Qin China usia 16 tahun. Di Eropa abad pertengahan (abad ke-5 sampai abad ke-15), biasanya perempuan bangsawan menikah pada umur 12-14 tahun, dan laki-laki umur 17 tahun.
.
Bercermin pada sejarah pernikahan dini di atas, maka wajar-wajar saja jika One Piece yang setting waktu ceritanya sarat akan penggambaran abad pertengahan membuat pernikahan usia muda sebagai hal yang biasa. Scarlet dan Big Mom adalah contohnya. Scarlet menikah di usia 16 tahun (ch. 742) dan Big Mom dengan berdasarkan perkiraan usia Perospero di atas, maka usia menikah BM adalah 17 tahun (68 – 50 – 9 bulan masa kandungan yaitu sekitar 17 tahun).
.
===== Wedding Cake Untuk Big Mom =====
.
Pukul 9:30 Wedding Cake pengganti telah selesai dibuat. Di chapter 880 diperlihatkan bahwa Wedding Cake dibuat tepat pada pukul 3:15 sore. Artinya, proses pembuatan kue ini hanya memakan waktu selama 6 jam 15 menit. Padahal di chapter 873, Perospero bilang bahwa pembuatan Wedding Cake oleh Streusen saja memakan waktu berhari-hari. Kita bisa menyimpulkan kalau kemampuan manajerial waktu Sanji dan kemampuan memasak Sanji-Pudding-Chiffon sangatlah hebat.
.
Wedding Cake memang sudah selesai dibuat. Bentuknya persis sama dengan wedding cake sebelumnya. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi, wedding cake pengganti ini berkali lipat lebih enak dibandingkan wedding cake sebelumnya. Hanya saja, apakah rencana menumbangkan Big Mom dengan kue ini akan berjalan mulus seperti rencana Sanji?
.
Kita harus mewaspadai keisengan Oda seperti yang sudah-sudah. Kita tahu di Dressrosa Usopp dan pasukan Tontatta berniat membuat pinsan Sugar dengan permen super pedas. Yang terjadi bagaimana? Sugar gagal memakan permen super pedas tersebut, tapi pinsan karena terkejut melihat ekspresi Usopp yang kepedasan karena memakan permen super pedas tersebut. Nah, aku belum bisa membayangkan proses jatuhnya Big Mom oleh Wedding Cake buatan Sanji. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi, tapi yah pada akhirnya Wedding Cake ini akan menenangkan Big Mom. Mereka percaya kepada Sanji. Dan di akhir chapter, orang yang mereka percayai telah datang dengan kue beraroma super enaknya.
.
===== Musuh Terburuk Untuk Dihadapi =====
.
Seperti halnya Sanji yang berjuang keras menyelesaikan Wedding Cake agar bisa menyelamatkan teman-temannya dari amukan Big Mom, Luffy pun begitu. Dipukul berkali-kali. Ditendang berkali-kali. Jatuh, berdarah, muntah. Tapi itu semua tak akan membuatnya berhenti. Sorot matanya menyalakan perlawanan. Sorot mata yang membuat Katakuri tak nyaman. Ia akan mengalahkan Katakuri!
.
Jauh di delapan ratusan chapter sebelumnya (Chapter 63) Zeff pernah berkata kepada Sanji di sela-sela pertarungan Luffy vs Don Krieg, “Perhatikan baik-baik, Sanji! Ada beberapa orang yang seperti dia (Luffy) dari waktu ke waktu. Orang-orang bodoh yang bertarung sampai mati ketika telah menetapkan suatu tujuan. Seseorang yang seperti itu adalah musuh terburuk untuk dihadapi. Tak peduli dia kalah atau menang di pertarungan ini, aku suka orang-orang sepertinya.”
.
Dari scene-scene ini aku jadi mengerti alasan kenapa Shanks sampai mengorbankan tangan dan meminjamkan topinya kepada Luffy. Luffy adalah orang yang habis-habisan ketika telah menetapkan suatu tujuan. Dan habis-habisannya juga bukan habis-habisan biasa. Yang paling istimewa dari Luffy adalah tekad kuatnya yang seperti itu. Soal haoshoku haki, Don Chinjao juga memilikinya, tapi gelar Raja Bajak Laut sangat jauh darinya. Soal Buah Iblis, oh, banyak sekali karakter lain yang dikaruniai buah iblis hebat sejak awal, Foxy adalah contoh terbaiknya. Soal darah dan keturunan, Jaguar D. Saulo dan Law juga memiliki darah yang spesial, tapi tak begitu besar harapan yang dipanggulkan ke pundak mereka.
.
Dari pertarungan Luffy vs Katakuri di chapter ini kita lihat perlahan tapi pasti, Luffy bisa menyusul kemampuan Katakuri meski tanpa masuk ke mode Gear 4. Gear 3nya mampu mengimbangi Strong Punch dari Katakuri. Gerakan menghindarnya mampu mengurangi akurasi pukulan Katakuri. Satu hal yang mencengangkan, perlahan-lahan Luffy mulai bisa melihat masa depan seperti yang Katakuri lihat. Wow! Sebuah kemampuan istimewa yang harus dimiliki orang-orang istimewa menurutku. Melawan Katakuri di arc ini memang menjadi sebuah batu loncatan besar bagi Luffy, mengingat Luffy sendiri telah menetapkan bahwa ia akan mengalahkan para Yonko.
.
Meski rumusan ini terbilang klise dan sering digunakan di manga-manga, semua kemajuan yang dialami Luffy bisa terjadi karena para nakamanya memercayainya!
Load disqus comments

0 comments